22 Desember 2022

5 Tips Memilih Jasa Pengiriman Agar Bisnis Online Anda Sukses


Dalam empat sampai lima tahun terakhir, seiring dengan perkembangan digitalisasi, bisnis daring atau sering disebut bisnis online meningkat secara drastis. Terutama, sejak pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia tahun 2020, bisnis online berkembang secara pesat karena kebijakan PPKM yang membuat semua orang harus berdiam diri di rumah. Majunya bisnis online pun diikuti dengan meningkatnya permintaan akan jasa pengiriman barang terdekat.

Selain kualitas barang, jasa pengiriman juga menjadi salah satu indikator kepuasan pelanggan bagi para pengusaha toko daring. Jika melihat ulasan di media sosial maupun aplikasi toko online, banyak pelanggan yang memberikan bintang lima karena puas dengan jasa pengiriman yang dipilih oleh pemilik toko online. Tidak sedikit pula, yang memberikan bintang satu atau dua karena tidak puas dengan jasa pengiriman meskipun kualitas barangnya bagus namun jika ada barang sampai terlalu lama atau pengemasan yang rusak akibat kelalaian jasa pengiriman, maka beberapa pembeli memberikan bintang satu atau dua.

Tentu hal ini akan merugikan pemilik toko daring, karena meskipun sudah menjual barang dengan kualitas yang baik, pelanggannya tetap memberikan penilaian buruk karena jasa pengiriman yang kurang mumpuni. Ulasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap minat pelanggan lain untuk membeli barang di toko tersebut, bahkan oleh Google maupun media sosial, tidak lagi diberikan penilaian baik sehingga toko tersebut tidak naik menjadi pilihan utama dalam mesin pencarian. Hal ini akan menyulitkan pengusaha online dalam mengembangkan bisnis.

Terlebih lagi, bagi perusahaan yang mengirimkan barang dengan kargo atau lintas pulau, memilih jasa pengiriman terbaik tentu akan menjadi sangat penting agar menjaga kualitas barang dan memuaskan klien, karena pengiriman jarak jauh menggunakan kargo maupun lintas pulau tentu lebih beresiko mengalami kerusakan atau kehilangan di tengah perjalanan.

Beberapa resiko yang akan dialami oleh pengusaha online yang mengirimkan barang menggunakan jasa kargo antara lain:

1.     Terjadi Kerusakan Pada Barang

Mengirim barang jarak jauh selain membutuhkan pengemasan yang aman, jasa pengiriman pun memiliki peranan penting untuk menjaga kualitas barang tersebut. Di tengah perjalanan ada hal-hal yang kadang terjadi di luar prediksi seperti kecelakaan pesawat, kapal, truck, dan kereta, kemudian akses masuk pengiriman barang dari luar pulau yang terkendala masalah peraturan ataupun pungutan liar, dan bencana alam yang dapat terjadi di luar perhitungan. Semua itu dapat memberikan resiko barang rusak pada paket yang dikirimkan baik lewat jalur laut, udara, maupun darat.

2.     Kehilangan Barang

Mengirimkan barang secara jarak jauh tentu memiliki resiko barang yang dikirim bisa hilang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi misalkan terjadi perampokan pada moda transportasi darat, udara, laut, kemudian kesalahan pada kurir yang membuat barang hilang, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, memilih jasa pengiriman terbaik menjadi sangat penting agar barang Anda tidak berpindah tangan

3.     Keterlambatan Jadwal Barang Sampai

Dua resiko di atas sangat mempengaruhi waktu kedatangan barang di tangan klien. Tentu ini akan sangat berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan, karena semakin cepat barang sampai semakin baik pula. Keterlambatan kedatangan barang dapat membuat klien rugi, misalkan karena jasa pengiriman terlambat saat mengirim bahan baku suatu produk makanan, maka klien tersebut tidak bisa memproduksi makanan yang menjadi barang dagangannya. Akibatnya, klien bisa kehilangan pelanggan setia dan potensial yang membuat neraca keuangan mereka minus alias rugi. Resiko seperti ini kerap terjadi saat melakukan pengiriman barang.

Dari tiga resiko tersebut, maka setiap pengusaha online harus memilih jasa pengiriman secara cermat. Meskipun barang yang dijual adalah barang asli dengan kualitas terbaik, jika pengirimannya tidak berjalan lancar maka pelanggan tetap tidak puas membeli di toko Anda.

Agar terhindar dari ketidakpuasan pelanggan, berikut 5 tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa pengiriman barang:

1.     Pilih Jasa Pengiriman Barang Terdekat dari lokasi Anda

Memilih jasa pengiriman barang terdekat dari tempat Anda berada membuat biaya pengiriman menjadi lebih murah dan efisien. Sebisa mungkin Anda lakukan riset, dimana jasa pengiriman barang yang terdekat, agar Anda tidak perlu jauh – jauh membawa barang dari toko menuju tempat pengiriman barang atau jasa pengiriman barang datang ke toko Anda yang membuat tarif pengiriman bisa lebih mahal. Perlu diingat, bahwa pelanggan membayar bukan untuk barangnya saja, tapi kualitas jasa pengiriman barang yang juga menjadi salah satu item yang dibayarkan oleh pelanggan. Dengan memilih jasa pengiriman barang terdekat, Anda bisa menghemat biaya kirim dan dapat memantau kondisi pengiriman barangnnya seperti apa.

2.     Pilih Jasa Pengiriman Barang Yang Mempunyai Jaringan Luas

Periksakan dahulu jasa pengiriman barang terdekat dari kantor Anda, apakah jaringannya cukup luas atau tidak. Apakah jasa pengiriman barang ini bisa mencakup seluruh provinsi dan pulau di Indonesia? Atau hanya mencakup provinsi Indonesia tapi tidak dengan pulau – pulau kecilnya? Terlebih lagi, jika Anda butuh jasa pengiriman barang yang bisa sampai ke luar negeri, apakah mencakup negara se-Asia atau se-Asia Tenggara saja? Pastikan memilih jasa pengiriman yang mempunyai jaringan luas, agar Anda dapat mengirim barang kepada pelanggan Anda di berbagai tempat tanpa harus melalui proses yang rumit.

3.     Pilih Yang Memiliki Tarif Terjangkau

Jika kebetulan jasa pengiriman barang terdekat dari toko Anda memiliki tarif yang murah, jangan cepat-cepat mengambil keputusan. Pastikan dulu kualitas pengirimannya, apakah dengan harga murah seperti itu dapat memberikan layanan yang maksimal? Atau justru kualitas pengiriman dan layanannya murahan? Jangan sampai memilih jasa pengiriman barang terdekat dengan harga murah tapi kualitas pengiriman dan layanannya murahan. Anda bisa lakukan riset secara online maupun offline dengan bertanya pada teman atau rekan bisnis, agar memastikan kepuasan pelanggan lain sebelum Anda sudah cukup puas atau belum terutama dari segi harga.

4.     Pilih Pengiriman Yang Terbukti dan Terpercaya

Biasanya perusahaan pengiriman barang yang sudah terbukti kualitasnya dan dipercaya oleh banyak pelanggannya, memiliki jaminan lebih baik dalam menjaga kualitas barang dan kecepatan kedatangan. Anda bisa lakukan riset dan bertanya pada kolega Anda apakah jasa pengiriman yang akan Anda pilih ini sudah terbukti kualitasnya secara konsisten dan terpercaya.

5.     Pastikan Jasa Logistik Tersebut Memiliki Efisiensi Tinggi

Efisiensi dalam hal ini kecepatan barang yang dikirim. Semakin cepat barang sampai semakin baik pula kepuasa pelanggan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, indikator kepuasan pelanggan yang berbelanja secara daring dalam era digital seperti saat ini adalah kecepatan barang sampai. Namun, meskipun jasa pengiriman barang terdekat Anda dapat memiliki efisiensi tinggi dalam kecepatan pengiriman, pastikan memang kualitas layanannya bagus, jadi tidak hanya asal cepat

Demikian lima tips untuk Anda pengusaha daring dalam memilih layanan logistik dimana salah satunya adalah memilih jasa pengiriman barang terdekat dari toko Anda. Kepuasan pelanggan Anda tidak hanya ditentukan dari baiknya kualitas barang tetapi layanan jasa pengiriman juga memiliki peran penting. Maka dari itu, jangan sampai Anda salah memilih jasa pengiriman jika ingin bisnis Anda berkembang pesat.

x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cek Ongkir SNG Cargo